Apa itu Asuransi Kesehatan dan Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi?

60
Apa itu Asuransi Kesehatan dan Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi?

Bagi sebagian orang Asuransi kesehatan sangatlah penting, demi menjamin perawatan dan biaya kesehatan dimasa depan. Untuk yang ingin mengetahui apa itu asuransi kesehan dan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan maka artikel ini sangat berguna untuk anda. Berikut Apa itu Asuransi Kesehatan dan Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi?

Apa itu Asuransi Kesehatan?

Apa itu Asuransi Kesehatan? Asuransi Kesehatan adalah sebuah jenis produk asuransi yang diperuntukkan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada para tertanggungnya apabila tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan.

Asuransi Kesehatan ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi dengan beragam pilihan mulai dari perlindungan biaya rawat inap di rumah sakit hingga perawatan jalan pra dan pasca proses rawat inap di rumah sakit. Selain itu, Asuransi Kesehatan kini juga menyediakan jaminan untuk biaya proses melahirkan normal maupun sesar kepada tertanggungnya.

19 Asuransi Kesehatan yang Bagus dan Murah Untuk Keluarga
19 Asuransi Kesehatan yang Bagus dan Murah Untuk Keluarga

Hal-Hal Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan atau pertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli asursansi kesehatan:

  • Jumlah Copayment:
  • Pilih jenis Asuransi Kesehatan dengan 0 copayment agar Anda tidak perlu membayar dan dapat menikmati klaim secara penuh.

  • Jangka Waktu Seumur Hidup:
  • Pastikan bila Asuransi Kesehatan Anda dapat bertahan seumur hidup untuk menikmati perlidungan setiap saat. PIlihlah jenis asuransi yang dapat diperpanjang jangka waktunya.

  • Masa Tunggu Penyakit:
  • Perhatikan dengan baik masa tunggu penyakit dari asuransi Anda sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik. Pilihlah asuransi dengan masa tunggu yang tidak terlalu panjang.

  • Biaya Kamar:
  • Perhatikan perhitungan biaya kamar rumah sakit yang ada sehingga lebih baik mengajukan sebuah polis dengan biaya kamar dan pelayanan yang lebih tinggi agar Anda nyaman ketika berada di rumah sakit.

Apakah Ada Hukum Membahas Tentang Asuransi?

Pada dasarnya, asuransi merupakan sebuah bentuk perjanjian, maka dengan demikian hal ini memiliki risiko batal atau dibatalkan jika tidak memenuhi syarat keabsahan perjanjian yang mengacu pada Pasal 1320 KUH Perdata. Namun di luar KUHD tersebut, perjanjian asuransi juga dibatalkan bila terjadi beberapa hal seperti:

Baca juga : 19 Asuransi Kesehatan yang Bagus dan Murah Untuk Keluarga

Baca juga : Manfaat dan Kerugian Ikut Asuransi Kesehatan – Asuransi Kesehatan

Memuat keterangan yang keliru atau tidak benar atau bila tertanggung tidak memberitahukan hal-hal yang diketahuinya, di mana apabila hal tersebut disampaikan kepada penanggung akan berakibat tidak ditutupnya perjanjian asuransi tersebut (Pasal 251 KUHD).

Memuat suatu kerugian yang sudah ada sebelum perjanjian asuransi ditandatangani (Pasal 269 KUHD).

Memuat ketentuan bahwa tertanggung dengan pemberitahuan melalui pengadilan membebaskan si penanggung dari segala kewajiban yang akan datang (Pasal 272 KUHD).

Terdapat suatu akalan cerdik, penipuan, atau kecurangan si tertanggung (Pasal 282 KUHD).
Apabila obyek pertanggungan menurut peraturan perundang-undangan tidak boleh diperdagangkan dan atas sebuah kapal baik kapal Indonesia atau kapal asing yang digunakan untuk mengangkut obyek pertanggungan menurut peraturan perundang-undangan tidak boleh diperdagangkan (Pasal 599 KUHD).

Hal Apa yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan?

Sebelum melakukan proses klaim Asuransi Kesehatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Pastikan Premi Anda selalu Terbayar Tepat Waktu:
  • Jika Anda memiliki polias asuransi ada baiknya Anda selalu memperhatikan pembayaran premi yang harus Anda bayarkan setiap bulan. Pastikan bila Anda selalu membayar premi Asuransi Kesehatan Anda dengan tepat waktu, karena bila sewaktu-waktu Anda ingin mengajukan klaim kesehatan. Perusahaan asuransi akan mencatat polia Asuransi Kesehatan Anda sebagai polis yang aktif dan Anda mengumpulkan dokumen kelengkapan yang dibutuhkan.

  • Perhatikan Masa Aktif Asuransi Kesehatan Anda:
  • Berbagai perusahaan asuransi secara umum menetapkan masa aktif polis asuransi setelah kurang lebih 30 hari atua 1 bulan. Karena hal tersebut bila kita melakukan klaim atau pengobatan ke rumash sakit sebelum polis kita aktif, kemungkinan besar akan ditolak karena belum memasuki masa aktif polis. Karena itu, penting bagi Anda yang memiliki polis Asuransi Kesehatan untuk memastikan masa aktif polis Anda sebelum melakukan klaim.

  • Pahami Peraturan Pengecualian Asuransi:
  • Dalam polis asuransi ada beberapa peraturan pengecualian yang harus diperhatikan oleh para pemegang polis dan tertanggung dalam hal pengecualian pertanggungan. Secara umum beberapa peraturan pengecualin itu antara lain adalah:

    – Untuk penyakit yang bersifat kritis seperti jantung koroner dan 34 penyakit kritis lainnya, baru bisa untuk diklaimkan minimal setelah 6 bulan. Dengan begitu jika kita sebelumnya telah memiliki penyakit jantung sebaiknya jangan terburu-buru untuk mengklaimnya, cobalah menunggu 6 bulan hingga 1 tahun baru kita bisa mengklaim.

    – Untuk penyakit yang memang sudah ada sebelumnya, baik kita ketahui atau tidak maka perusahaan asuransi tidak akan menanggungnya. Misalnya untuk penyakit penyakit bawaan lahir.

    – Setelah itu pastikan kita untuk mengecek plafon asuransi yang telah disediakan untuk kita. Plafon ini berisi jatah biaya medis maksimal yang akan ditanggung oleh asuransi selama kita dirawat. Jika menggunakan biaya rawat lebih dari yang ditetapkan maka kita harus membayar kembali untuk kekurangannya.

Demikian artikel yang berjudul Apa itu Asuransi Kesehatan dan Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi?. Semoga anda dan keluarga anda selalu diberikan kesehatan agar dapat meraktifitas dengan baik. Dapatkan Promo asuransi kesehatan disini www.cermati.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here