Rahasia Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria dan Wanita Lengkap

217
Rahasia Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria dan Wanita Lengkap

sangat penting bagi pria dan wanita dalam menjaga kesehatan organ reproduksinya. Pasalnya, kesehatan reproduksi yang terjaga dengan baik berkontribusi juga terhadap kemudahan program hamil Anda dan pasangan. Untuk itu sehatdanbahagia.com membahas artikel yang berhudul “Rahasia Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria dan Wanita Lengkap”.

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kesuburan pria, bukan hanya untuk pria saja, menjaga kesehatan reproduksi juga harus dilakukan oleh wanita, beberapa faktor nya antara lain, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, faktor lingkungan, hingga kondisi medis tertentu. Anda bisa mengurangi risiko mengalami gangguan kesuburan dengan menjaga kesehatan organ reproduksi.

Permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi, sering kali berakar dari kurangnya informasi, pemahaman dan kesadaran untuk mencapai keadaan sehat secara reproduksi.

Rahasia Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria dan Wanita Lengkap

Defenisi Kesehatan Reproduksi

1. Definisi Sehat

Pengertian sehat menurut WHO ( 1992 ) adalah suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan.

2. Definisi Kesehatan

Kesehatan adalah keadaan sejahtera badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi.(UU Kesehatan No. 23 Tahun 1992 ).

Baca juga : Tips dan Manfaat Fitnes Bagi Wanita dan Pria Kurus

3. Definisi Reproduksi

Istilah reproduksi berasal dari kata “re” yang artinya kembali dan kata produksi yang artinya membuat atau menghasilkan. Jadi istilah reproduksi mempunyai arti suatu proses kehidupan manusia dalam menghasilkan keturunan demi kelestarian hidupnya. Sedangkan yang disebut organ reproduksi adalah alat tubuh yang berfungsi untuk reproduksi manusia.

4. Definisi Kesehatan Reproduksi

Kesehatan reproduksi adalah suatu kesehatan sehat mental, fisik dan kesejahteraan sosial secara utuh pada semua hal yang berhubungan dengan sistem dan fungsi serta proses dan bukan hanya kondisi yang bebas dari penyakit dan kecacatan serta dibentuk berdasarkan atas perkawinan yang sah, mampu memenuhi kesehatan spiritual dan material yang layak, bertakwa pada Tuhan yang Maha Esa, spiritual memiliki hubungan yang serasi, selaras, seimbang antara anggota keluarga dan antar keluarga dan masyarakat dan ligkungan (BKKBN, 1996 ).

Rahasia Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria dan Wanita Lengkap

Menurut BKKBN ( 2001 ), definisi kesehatan reproduksi adalah kesehatan secara fisik, mental, dan kesejahteraan sosial secara utuh pada semua hal yang berhubungan dengan sistem dan fungsi serta proses reproduksi dan bukan hanya kondisi yang bebas dari pentyakit dan kecatatan.

Menurut ICPD ( 1994 ) kesehatan reproduksi adalah sebagai hasil akhir keadaan sehat sejahtera secara fisik, mental, dan sosial dan tidak hanya bebas dari penyakit atau kecatatan dalam segala hal yang terkait dengan sistem, fungsi serta proses reproduksi.

Kesehatan reproduksi mencakup tiga komponen yaitu :

  • Kemampuan ( ability ).
  • Keberhasilan ( success).
  • Keamanan ( safety ).

Keberhasilan berarti dapat menghasilkan anak sehat yang tumbuh dan berkembang. Keamanan berarti semua proses reproduksitermasuk hubungan seks, kehamilan, persalinan, kontrasepsi, dan abortus seyogyanya bukan merupakan aktivitas yang berbahaya.

Menurut WHO kesehatan reproduksi adalah suatu keadaan sejahtera fisik, mental dan sosial yang utuh bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi, dan prosesnya.

Beberapa Rahasia Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria dan Wanita Lengkap:

Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi pria dan wanita, di antaranya:

Berhenti Merokok danTidak Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Pria yang gemar merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, berisiko mengalami penurunan produksi dan kualitas sperma. Akibatnya, tingkat kesuburan juga akan menurun, sehingga Anda sulit mendapatkan keturunan.

Baca juga : 8 Cara Ampuh Menghilangkan Kulit Kepala Gatal Karena Ketombe Secara Alami

Menjaga Berat Badan

Kesuburan pria juga dapat berkurang jika mengalami masalah berat badan, baik itu obesitasmaupun sebaliknya, memiliki berat badan terlalu rendah. Ini dikarenakan status gizi yang kurang baik dapat memengaruhi kualitas sperma, sehingga mengurangi tingkat kesuburan pria. Untuk mengetahui apakah berat badan Anda normal, Anda bisa menghitungnya dengan kalkulatorindeks massa tubuh.

Jaga Testis Tetap Dalam Keadaan Sejuk

Jumlah sperma dapat ditentukan oleh suhu testis. Untuk memperbesar peluang mendapat keturunan, testis harus berada dalam suhu sekitar 34,5 derajat Celcius atau lebih rendah dibandingkan bagian tubuh lain, yaitu sekitar 37 derajat Celcius.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan suhu testis.
• Batasi mandi air hangat.
• Jika pekerjaan mengharuskan Anda duduk diam selama berjam-jam, ambil jeda sejenak untuk berdiri dan berjalan ke tempat lain.
• Bila Anda bekerja di area yang bersuhu panas, ambil waktu beberapa saat untuk berada di tempat sejuk.
• Kenakan celana dalam yang nyaman dan tidak terlalu ketat.

Jika testis berada pada suhu yang optimal, yakni pada suhu yang sejuk, produksi sperma juga akan berlangsung dengan baik.

Hindari Paparan Racun

Hindarkan diri Anda dari paparan racun berbahaya, seperti pestisida, logam berat termasuk timbal dan merkuri, serta zat radioaktif. Paparan zat-zat tersebut berisiko mengurangi tingkat kesuburan Anda.

Konsumsi Makan Sehat

Sperma yang berkualitas bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan olahraga secara teratur. Namun hindari melakukan olahraga berlebihan karena bisa memicu tubuh mengeluarkan hormon steroid terlalu banyak, sehingga memengaruhi kesuburan. Selain itu, pastikan Anda mendapatkan nutrisi yang cukup dengan mengonsumsi setidaknya lima porsi sayur dan buah setiap hari, karbohidrat, protein, serta daging rendah lemak.

Lakukan Hubungan Seks Secara Teratur

Penis yang sehat adalah yang mengalami ereksi secara teratur. Saat ereksi, oksigen dalam darah memenuhi penis dan membuatnya tegang. Melakukan hubungan seks secara rutin khususnya pada saat pasangan sedang dalam masa subur adalah salah satu cara memperoleh momongan.

Terapkan Perilaku Seks yang Aman

Untuk menjaga kesehatan reproduksi Anda, hindari perilaku seks berisiko dengan bergonta-ganti pasangan, dan rutinlah melakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk mendeteksipenyakit menular seksual.

Sunat

Kulit penis bisa menjadi tempat bakteri berkembang biak. Setidaknya ada 42 jenis bakteri yang terdapat pada kulit penis. Untuk menghindari perkembangbiakan bakteri, sunat bisa menjadi solusinya, karena lipatan kulup pada penis yang tidak disunat berisiko menjadi tempat bakteri berkembang biak. Menurut beberapa penelitian, sunat dapat memberikan beragam manfaat kesehatan, antara lain:
• Jenis bakteri pada pria yang disunat lebih sedikit dibandingkan yang tidak disunat.
• Sunat juga dikaitkan dengan lebih rendahnya risiko terkena HIV, kanker penis, infeksi HPV, hingga

infeksi saluran kencing. WHO bahkan merekomendasikan sunat sebagai salah satu upaya mencegah HIV.
Dengan menerapkan cara-cara sederhana di atas, kesehatan reproduksi pria dapat lebih terjaga dan peluang untuk memiliki keturunan menjadi lebih besar. Namun jika sudah mencoba beberapa cara di atas, serta sudah rutin berhubungan seks dengan pasangan selama beberapa tahun, namun belum juga mendapatkan anak, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

Demikian artikel yang membahas Rahasia Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Pria dan Wanita Lengkap. Semoga bermanfaat bagi anda dan bisa diterapkan tips diatas. Terima kasih telah berkunjung ke sehatdanbahagia.com.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here