Apa itu Penyakit Herpes? – Faktor Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatan

1627
Apa itu Penyakit Herpes? - Faktor Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatan
Apa itu Penyakit Herpes? - Faktor Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatan

Pada kali ini kami akan mengulas artikel tentang Apa itu Penyakit Herpes? – Faktor Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatan. Penyakit herpes adalah sejenis penyakit kulit yang menular. Penyakit herpes memiliki karakter yang sangat unik dan bandel, karena sangat dimungkinkan bagi penderita yang sudah pernah mengalami penyakit herpes akan kembali mengalaminya dalam jangka waktu tak menentu.

Kebanyakan orang mengatakan bahwa penyakit Herpes merupakan penyakit kelamin akibat dari hubungan intim antara suami isteri secara tidak sehat. Sebenarnya, faktor yang menyebabkan penyakit Herpes itu banyak jenisnya

Agar kamu tidak bingung, yuk langsung saja simak Apa itu Penyakit Herpes? – Faktor Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatan

Faktor Penyebab Herpes

Apa faktor yang menyebabkan penyakit Herpes? Faktor penyebabnya, yaitu:

  1. Berdekatan dengan orang yang sudah mempunyai riwayat penyakit Herpes
  2. Berhubungan intim dengan penderita penyakit Herpes
  3. Udara yang kotor (melalui virus)
  4. Kulit yang terluka
  5. Penderita diabetes
  6. Penyakit cacar
  7. Gaya hidup tidak sehat, dan faktor lainnya seperti faktor usia.

Gejala umum pada penyakit Herpes adalah:

  • Apabila seseorang menderita penyakit Herpes, karena penyakit ini diakibatkan oleh virus. Dan biasanya virus ini kebanyakan menyerang pada bagian kulit dan selaput lendir.
  • Ada juga gejala tertentu, yaitu virus tersebut menyerang pada bagian alat kelamin manusia dan juga pada membran mucus yang terletak di mulut bibir manusia.

Jenis Penyakit Herpes

1. Herpes Genital (Virus Simpleks).

Apa itu Penyakit Herpes? - Faktor Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatan

Penyakit Herpes Simpleks, ini disebabkan oleh hubungan suami isteri yang tidak sehat dan penyebabnya adalah Herpes Simpleks Virus (HSV).

Setelah pertama kali terinfeksi, virus menetap secara dorman dalam tubuh dan dapat terjadi reaktivasi hingga beberapa kali dalam setahun.

Herpes genital dapat menyebabkan rasa nyeri, rasa gatal, dan luka pada daerah genital. Namun, seseorang yang terinfeksi juga terkadang tidak menunjukkan tanda dan gejala. Bila seseorang telah terinfeksi, infeksi tersebut juga dapat ditularkan walaupun tidak ada luka yang tampak.

Penyebab Herpes Genital

Herpes genital disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV). Virus tersebut memiliki dua tipe, yakni:

  • HSV tipe 1, tipe yang umumnya menyebabkan luka atau lecet pada daerah sekitar mulut. HSV tipe 1 umumnya menular melalui kontak kulit, walaupun juga dapat menyebar ke daerah genital saat melakukan oral seks.
  • HSV tipe 2, tipe yang umumnya menyebabkan herpes genital. Virus dapat menular melalui kontak seksual maupun kontak kulit. HSV tipe 2 cukum umum ditemui dan sangat menular, walaupun seseorang tidak memiliki luka terbuka.

Kedua tipe tersebut sangat menular dan dapat berpindah dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak langsung. Herpes genital umumnya ditularkan melalui hubungan seksual (vaginal, anal, atau oral) dengan orang yang terinfeksi. Walaupun seseorang dengan herpes genital tidak menunjukkan gejala, mereka tetap dapat menularkan kondisi tersebut ke orang lain.

2. Herpes zoster

Apa itu Penyakit Herpes? - Faktor Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatan

Herpes zoster atau cacar api adalah infeksi pada saraf dan kulit di sekitarnya. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang sama dengan virus penyebab cacar air, yaitu varisela zoster. Virus varisela yang menetap di sekitar tulang belakang atau dasar dari tulang tengkorak tubuh bahkan setelah cacar air sembuh, dapat kembali aktif di kemudian hari dan menyebabkan herpes zoster.

Pada umumnya, herpes Zoster hanya menyerang kulit manusia pada bagian tubuh saja, seperti: bagian tubuh kiri dan punggung sebelah kiri, atau di bagian tubuh kanan dan punggung sebelah kanan.

Pada awal timbulnya penyakit Herpes Zoster, pertama hanya timbulnya ruam berwarna merah dan butiran- butiran air kecil dan terasa sakit pada bagian dalam tubuh sekitar butiran- butiran air tersebut.

Semakin hari, semakin besar butiran- butiran air tersebut selama sekitar seminggu lamanya dan kemudian butiran- butiran air tersebut kempes dengan sendirinya. Selang waktu sekitar antara 2 hingga 3 minggu. Kulit bekas butiran- butiran tadi menjadi kering dan mengelupas dengan sendirinya.

Diagnosis Penyakit Herpes

Herpes dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik. Pada pemeriksaan fisik, dokter akan mengecek koreng yang terbentuk akibat herpes serta menanyakan gejala yang muncul pada pasien. Selain itu, untuk membantu diagnosis herpes agar lebih akurat, dapat dilakukan pemeriksaan tambahan, seperti:

  • Kultur virus herpes simplex. Kultur virus herpes bertujuan untuk mendiagnosis adanya virus herpes. Kultur virus herpes dilakukan dengan cara mengusap area kulit atau genital yang terinfeksi, mengambil cairan genital atau cairan tubuh lainnya yang diduga mengalami herpes untuk kemudian diperiksa di laboratorium.
  • Tes antibodi. Tes antibodi spesifik virus HSV 1 dan HSV 2 dapat dilakukan untuk mendeteksi adanya infeksi primer herpes, namun tidak dapat mendeteksi infeksi herpes rekuren. Tes antibodi dilakukan dengan mengambil sampel darah dari tubuh, kemudian dianalisis di lab untuk dicek keberadaan antibodi spesifik HSV 1 ataupun HSV 2. Perlu diingat bahwa tubuh memerlukan waktu sekitar 12-16 minggu untuk membentuk antibodi anti HSV 1 atau HSV 2, setelah virus HSV masuk ke dalam tubuh pertama kali. Tes antibodi HSV 1 dan HSV 2 sangat membantu diagnosis, terutama jika pasien tidak mengalami koreng atau pelepuhan pada kulit.

Cara Mengobati Penyakit Herpes

Setelah mengetahui secara mendalam mengenai penyakit herpes, berikut ini beberapa cara menyembuhkan penyakit Herpes secara alami dan secara medis yang dianjurkan oleh para dokter. Tentang cara pengobatan penyakit herpes di bahas pada artikel berikut Penyakit Herpes : Cara Mengobati Penyakit Herpes Secara Alami dan Medis

Demikian Artikel yang membahas tentang Apa itu Penyakit Herpes? – Faktor Penyebab, Gejala dan Cara Pengobatan. Semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber Artikel : klikdokter.com, alodokter.com

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here