Penyakit Lupus – Pengertian, Penyebab, Gejala dan Pengobatan

334
Penyakit Lupus - Pengertian, Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Penyakit Lupus – Pengertian, Penyebab, Gejala dan Pengobatan – Lupus adalah penyakit peradangan yang kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh (imun) yang menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh sendiri. Lupus dapat menyerang berbagai bagian dan organ tubuh seperti kulit, sendi, sel darah, ginjal, paru-paru, jantung, otak, dan sumsum tulang belakang.

Pada kondisi orabg yang sehat, sistem imun atau kekebalan tubuh akan melindungi tubuh dari penyakit atau infeksi. Akan tetapi jika pada penderita penyakit lupus, sistem imun ini justru menyerang tubuhnya sendiri.

Arti kata lupus berasal dari bahasa Latin yang artinya “anjing hutan”. Istilah ini mulai dikenal kurang lebih sekitar satu abad yang lalu. Awalnya, penderita penyakit ini dikira mempunyai kelainan kulit, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi. Bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan akan tetapi penyakit ini bukan hanya menyerang kulit sipenderitanya, penyakit lupus juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Penyakit Lupus – Pengertian, Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Gejala Penyakit Lupus yang umum:

  1. Kulit yang mudah gosong akibat sinar matahari serta timbulnya gangguan pencernaan
  2. Gejala umumnya penderita sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal
  3. Anemia atau kekurangan sel darah merah
  4. Rambut yang sering rontok dan rasa lelah yang berlebihan
  5. Nyeri sendi
  6. Sendi membengkak
  7. Mulut atau hidung mengalami luka yang tak kunjung sembuh selama berhari-hari bahkan hingga berbulan-bulan.
  8. Di dalam urin terdapat bercak darah
  9. Terdapat ruam-ruam atau bintik-bintik merah di berbagai permukaan kulit
  10. Demam
  11. Kejang-kejang
  12. Dada sakit dan sulit bernapas akibat peradangan pada paru-paru

Lalu apa penyebab penyakit lupus?

Lupus adalah penyakit kronis yang dapat membunuh sipenderitanya, virus atau bakteri lah penyebab utamanya. namun aktualnya, para ahli belum dapat mengetahui dengan pasti apa penyebab penyakit lupus ini. Berikut beberapa faktor penyebab penyakit lupus yang sehatdanbahagia.com rangkum:

1. Faktor genetik

Para peneliti menemukan berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa adanya hubungan antara gen keluarga dengan penderita. Nyatanya, keberadaan penderita lupus dalam sebuah keluarga, dapat meningkatkan kecenderungan penyakit lupus pada anggota keluarga lain. Selain itu, anggota keluarga penderita lupus, ketika melakukan tes medis, cenderung positif hasilnya.

Maka dipastikan faktor genesis merupakan penyebab paling utama bagi penderita penyakit lupus ini

2. Hormon

Berdasarkan fakta, jenis kelamin wanita 9 kali lebih berisiko terkena lupus dibandingkan pria. Fenomena ini dapat dijelaskan oleh hormon pada tubuh perempuan dan laki-lak. Tubuh wanita menghasilkan dan menggunakan hormon  estrogen lebih banyak dari pria

3. Lingkungan

Selain penyebab diatas, faktor lingkungan juga dikaitkan menjadi dalang penyebab penyakit lupus. Para peneliti telah menghubungkan antara lupus dan berbagai racun lingkungan, contohnya seperti asap rokok, gel natrium silika, dan merkuri.

Bagaimana cara pengobatan untuk penyakit lupus?

Sampai sekarang, penyakit lupus merupakan penyakit yang belum ditemukan obatnya. Jadi penderita penyakit lupus tidak bisa disembuhkan secara total. Akan tetapi, penderita atau pasian lupus tetap akan menerima pengobatan. Pengobatan yang dilakukan bertujuan sebagai berikut:

  • Mencegah munculnya gejala akibat lupus
  • Mengurangi berbagai gejala lupus
  • Mengurangi kerusakan organ dan masalah lainnya
  • Mengurangi pembengkakan dan nyeri
  • Menenangkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengurangi atau mencegah kerusakan sendi
  • Menghindari komplikasi

Biasanya pengobatan yang dilakukan dokter dengan cara memberikan pasien obat supaya dapat meringankan gangguan kesehatan lain. Adapun obat yang umum diberikan seperti berikut ini:

1. Obat anti-peradangan nonsteroid (NSAIDs)

2. Obat antimalaria

3. Kortikosteroid

4. Imunosupresan

Bagaimana menjalani hidup dengan penyakit lupus?

Jika anda merupakan penderita penyakit ini, anda dapat mencoba beberapa hal agar penyakit lupus bisa hilang. Berikut adalah beberapa hal yang sehatdanbahagia.com sarankan agar dapat dilakukan dengan sungguh-sungguh:

  1. Melakukan olahraga dengan rutin
  2. Berhenti merokok
  3. Istirahat yang cukup dan hindari stres
  4. Pahami tubuh
  5. Hindari paparan sinar matahari

Jika anda masih ragu apakah anda terindikasi penyakit lupus, sehatdanbahagia.com sarankan agar anda segera ke klinik atau Rumah Sakit terdekat untuk melakukan konsultasi lebih mendalam. Sekian artikel tentang Penyakit Lupus – Pengertian, Penyebab, Gejala dan Pengobatan. Semoga bermanfaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here