Penyebab Penyakit HIV AIDS, Gejala Penyakit HIV AIDS dan Metode Penularan Penyakit HIV AIDS

548
Penyebab Penyakit HIV AIDS, Gejala Penyakit HIV AIDS dan Metode Penularan Penyakit HIV AIDS

HIV AIDS merupakan momok yang paling menakutkan bagi setiap orang, karena penyakit ini sangat mematikan dan sampai saat ini para peneliti belum menemukan obat yang ampuh dan mujarab terhadap penyakit ini  dan saat ini bagi para sebagian peneliti sudah menemukan langkah langkah pengobatan jangka panjang agar penderita penyakit ini bisa hidup normal kembali. Agar anda terhindar dari virus HIV maka dari itu sehatdanbahagia.com akan mengupas tuntas tentang  Penyebab Penyakit HIV AIDS, Gejala Penyakit HIV AIDS dan Metode Penularan Penyakit HIV AIDS.

#Penyebab Penyakit HIV AIDS, Gejala Penyakit HIV AIDS dan Metode Penularan Penyakit HIV AIDS

SEJARAH PENYAKIT HIV AIDS

HIV pertama kali muncul di Afrika, Haiti, dan Amerika Serikat pada sekitaran tahun 1978. Pada tahun 1979 Amerika Serikat melaporkan kasus-kasus infeksi yang jarang terjadi. Dan diketahui yang menginfeksi merupakan virus HIV AIDS. Di Indonesiai ditemukannya seseorang yang terinfeksi pertama kali virus HIV pada tahun 1987 HIV tersebar di 368 dari 497 kabupaten/kota di seluruh provinsi. Pulau dewata merupakan provinsi yang pertama kali ditemukannya seseorang terjangkit virus HIV/AIDS di Indonesia.

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

HIV belum bisa disembuhkan, tapi ada pengobatan yang bisa digunakan untuk memperlambat perkembangan penyakit. Pengobatan ini juga akan membuat penderitanya hidup lebih lama, sehingga bisa menjalani hidup dengan normal.

Di Negara Indonesia sekitar 690 ribu orang terinfeksi virus HIV sampai dengan tahun 2017. Dari jumlah tersebut, 50% nya berada pada usia antara 15 hingga 49 tahun. dan angka kematian akibat penyakit AIDS mencapai 35 ribu orang.

Untuk mengurasi terjadinya penyakit mematikan ini, tidak ada salahnya anda membaca dan mengetahui penyebab penyakit HIV AIDS.

PENYEBAB PENYAKIT HIV AIDS

Di Indonesia penyebab virus HIV/AIDS yang paling sering terjadi adalah sebagai berikut:

 1. Faktor Genetik

Jika seorang ibu yang sedang terjangkit oleh virus HIV dapat menurunkan atau mewariskan penyakit yang dideritanya ini kepada janin yang dikandungnya.

 2. Seks bebas atau hubungan seks yang tidak aman

Melakukan hubungan seks bebas atau berganti – ganti pasangan melalui vagina dan anal tanpa alat pelindung merupakan penyebab penyakit HIV AIDS yang paling banyak terjadi. Apalagi melakukan hubungan seks dengan seseorang yang sudah terjangkit virus mematikan ini.

3. Menggunakan jarum suntik tidak steril

Berbagi alat suntik yang biasanya dilakukan oleh para pengguna narkotika merupakan salah satu penyebab virus mematikan ini menginfeksi ke tubuh seseorang. yang dikarenakan oleh cairan /darah yang mengendam pada jarum suntik dapat pindah ke dalam tubuh yang sehat sehingga beresiko tertular HIV AID.

Seseorang yang telah terinfeksi virus mematikan ini akan lebih mudah menularkan virus ini kepada orang. Akan tetapi tubuh yang sehat juga bisa tertular dengan beberapa metode penularan penyakit HIV AIDS berikut ini

METODE PENULARAN PENYAKIT HIV AIDS

HIV tidak menular dengan semudah itu kepada orang lain. Virus HIV tidak menyebar melalui udara seperti halnya batuk dan juga flu. Virus HIV berada dan hidup di dalam aliran darah tubuh dan beberapa cairan tubuh lainnya. Akan tetapi cairan seperti air liur (Berciuman), urin (Air kencing) dan keringat tidak dapat menularkan virus HIV ini ke orang lain. Hal ini disebabkan kandungan virus pada cairan tersebut tidak cukup banyak untuk dapat menularkan kepada orang lain.

1. Terkontaminasi dari sipenderita melalui cairan tubuh

Cairan tubuh seperti Darah, Dinding anus, Air Susu Ibu, Sperma, Cairan vagina, Darah haid, Melalui luka yang terbuka pada kulit. Melalui suntikan ke pembuluh darah yang terinfeksi.

2. Melalui hubungan seks

Penyebaran virus HIV dapat terjadi saat seseorang melakukan hubungan seks dengan si penderita.

Adapun tinggi rendahnya risiko penularan virus HIV berbeda-beda, tergantung pada jenis hubungan seks yang dilakukan keduanya. Akan tetapi seks oral merupakan faktor yang paling tinggi yang menyebabkan sesorang tertular virus mematikan ini

3. Tranfusi darah

Penularan virus HIV juga bisa terjadi diakibatkan tranfusi darah yang menggunakan alat tidak steril

4. Dari ibu kepada bayi, baik saat kehamilan, melahirkan, atau ketika menyusui

Salah satu metode penularan virus mematikan ini ialah melalui faktor genetik, seorang ibu yang sedang mengandung dan terinfeksi HIV berpeluang besar akan menularkan penyakitnya tersebut kepada anak yang dikandungnya.

5. Berbagi alat bantu seks dengan pengidap HIV.

Bagi sebagian orang menggunakan alat seks dapat membantu memuaskan nafsunya, akan tetapi jika alat tersebut dipakai secara bergantian dapat menularkan virus HIV.

Ada beberapa gejala awal yang timbul jika seseorang terinfeksi virus HIV ini, sebagai berikut:

GEJALA PENYAKIT HIV AIDS

 Virus HIV ini menyerang sistem kekebalan tubuh yang memiliki peran dalam menjaga tubuh dari penyakit sehingga penderitanya dengan mudah terserang oleh berbagai macam penyakit.

Makin banyak sel dalam tubuh yang mati, maka sistem kekebalan pada tubuh akan makin rendah. Sehingga membuat sistem kekebalan tubuh para penderitanya menjadi tidak berfungsi. Adapun Gejala penyakit HIV AIDS yang sering dirasakan penderitanya adalah sebagai berikut:

1. Mengalami demam

Gejala utama yang sering timbul jika seseorang telah terinfeksi virus HIV ini adalah mengalami demam ringan dalam jangka waktu yang lama, sakit pada radang tenggorokan, mengalami pusing kepala yang tak tertahankan, serta kelenjar getah bening membengkak. Adapun hal tersebut diatas menandakan bahwa virus HIV sudah mulai masuk ke aliran darah dan lama kelamaan akan merusak sistem tubuh lebih parah lagi.

2. Cepat merasa lelah

Di saat virus HIV sudah menginfeksi ke dalam aliran darah penderitanya, maka otomatis akan sel sel yang sehat dalam tubuh Sehingga dapat mengakibatkan sipenderitanya dengan mudah kecapean.

3. Mengalami penurunan berat badan & batuk kering

Berat badan yang dengan secara tiba-tiba menurun drastis dibarengi batuk kering juga merupakan gejala awal bagi orang yang terinfeksi oleh HIV AIDS.

4. Penyakit Kulit

Sebuah penyakit kulit tiba tiba muncul seperti bisul & jerawat pada tubuh merupakan gejala awal seseorang terinfeksi penyakit HIV AIDS

5. Nyeri otot

Terjadinya nyeri otot dimana mana sekeliling tubuh terjadi dikarenakan adanya peradangan pada kelenjar getah bening bagi para penderita terinfeksi HIV AID. Nyeri otot yang dirasakan bisa melanda bagian sendi & pangkal paha, lutut maupun disegala area tubuh.

6. Mual, muntah, dan diare

Terserang diare, muntah serta mual secara mendadak juga bisa menjadi gejala bahwa seseorang terkena infeksi penyakit HIV AIDS.

Jika anda merasa memiliki risiko tertular virus HIV ini, maka satu-satunya cara agar anda dapat mengetahuinya adalah dengan melakukan tes HIV. Untuk itu anda harus mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat (klinik VCT) untuk dapat melakukan tes HIV. Dengan melakukan serangkaian dalam tes ini maka anda akan mengetahui hasil diagnosis HIV pada tubuh Anda.

Selain membahas tentang Penyebab Penyakit HIV AIDS, Gejala Penyakit HIV AIDS dan Metode Penularan Penyakit HIV AIDS. Sehatdanbahagia.com juga tidak lupa mengingatkan

Orang-orang yang Berisiko Terinfeksi HIV

Seseorang dapat beresiko terinfeksi virus ini tanpa mengenal batasan usia. Akan tetapi terdapat beberapa kelompok orang yang lebih riskan atau lebih rentan berisiko terinfeksi HIV.

  • Pengguna narkotika dengan media jarum suntik

  • Orang yang suka berganti ganti pasangan melakukan hubungan seks tanpa kondom

  • Homoseksual, melakukan hubungan seks sejenis melalui oral

  • Orang yang melakukan transfusi darah dengan steril.

  • PSK atau Pekerja Seks Seksual.

Sekian artikel yang membahas tentang Penyebab Penyakit HIV AIDS, Gejala Penyakit HIV AIDS dan Metode Penularan Penyakit HIV AIDS Agar anda terhindar dari penyakit yang mematikan ini, dan jika anda yang saat ini sudah terinfeksi segera pergi ke rumah sakit terdekat untuk dilakukan pengecekan dan pengobatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here