Gejala Wasir, Penyebab Wasir dan Cara Menyembuhkan Wasir

236
Gejala Wasir, Penyebab Wasir dan Cara Menyembuhkan Wasir

Wasir adalah kelainan yang cukup umum, dan diperkirakan sekitar separuh orang dewasa harus menghadapi masalah yang menyebalkan ini. Tapi jangan  khawatir pada artikel ini sehatdanbahagia.com akan mengupas tuntas tentang gejala wasir, penyebab wasir dan cara menyembuhkan wasir.

Wasir disebabkan oleh gaya hidup yang tidak teratur, bersamaan dengan diet rendah serat dan kaya akan makanan yang memiliki efek yang sangat mengganggu pada mukosa rektum, seperti rempah-rempah, kakao, krustasea dan alkohol, membuatnya lebih sulit mengeluarkan kotoran dan menyebabkan periode sembelit yang berkepanjangan.

Di sisi lain, iritasi mukosa rektum juga bisa disebabkan oleh masalah yang berlawanan, yaitu diare.

Penyebab umum lainnya pada wanita timbulnya penyakit ini disebabkan oleh variasi kadar hormonal, yang terjadi pada periode tertentu, seperti ovulasi, kehamilan, menstruasi dan menopause .

Ada juga beberapa olahraga, seperti bersepeda, berkuda dan bangunan tubuh yang, berdasarkan tekanan konstan yang diberikan pada area ano-dubur, dapat dikaitkan dengan onset penyakit ini.

Wasir bisa berkembang karena tekanan yang meningkat di rektum bawah anus. Adapun penyebab wasir yang sering terjadi pada beberapa kasus berikut ini:

  1. Diet rendah serat.

  2. Diare atau sembelit kronis.

  3. Duduk terlalu lama di toilet.

  4. Hubungan anal.

  5. Ketegangan saat buang air besar.

Dengan penuaan, risiko wasir timbul karena melemahnya jaringan yang menunjang vena rektum dan anus.

Wasir adalah struktur vaskular (yang berfungsi sebagai bantalan) di saluran anus yang berperan penting dalam menjaga kontaminasi tinja. Ini adalah komponen anatomi yang benar-benar normal.

Gejala Wasir, Penyebab Wasir dan Cara Menyembuhkan Wasir

Diantara penyebab yang dapat menyebabkan kondisi patologis mungkin upaya tertentu saat buang air besar atau bertambahnya stres selama kehamilan .

Berikut merupakan gejala wasir yang sering terjadi pada orang kebanyakan:

  1. Gatal atau iritasi di daerah anus.

  2. Pendarahan tanpa rasa sakit saat evakuasi (darah merah menyala di atas kertas toilet atau di mangkuk toilet, dalam jumlah kecil).

  3. Bengkak di sekitar anus.

  4. Nyeri atau ketidaknyamanan.Kotoran hilang.

  5. Pembengkakan sensitif atau menyakitkan di dekat anus.

Berdasarkan studi yang kami peroleh dari beberapa sumber, Ada 2 cara dalam mengobati atau menyembuhkan wasir antara lain sebagai berikut:

1. Terapi Medis

Terapi medis wasir dengan melakukan tindakan higienis dan diet, yang terdiri dari menghindari kelebihan makanan, penggunaan rempah dan alkohol secara berlebihan dan dalam menjaga kebersihan di daerah anus.

Saran kebersihan usus Konstipasi dengan obat pencahar volume ringan dan tidak menjengkelkan, berdasarkan biji psyllium dan ispagula, methylcellulose atau sterculia, diperlukan..

Obat anti-hemorrhoidal. Ada banyak produk di pasaran, berdasarkan kortison dan anestesi lokal, mampu mengurangi peradangan dan edema, menghilangkan gatal dan nyeri. Persiapan topikal seperti salep lebih disukai untuk supositoria.

2. Terapi Bedah

Sifat dan intensitas gangguan wasir dapat membuat pendekatan bedah untuk menyembuhkan penyakit lebih efektif.

Hal ini terjadi terutama pada kasus yang paling parah, yang cenderung mengalami kekambuhan dan memiliki jalur kronis.

Selain intervensi bedah yang sebenarnya, teknik yang kurang invasif dan efektif saat ini tersedia dalam pengobatan wasir definitif. Krioterapy selektif adalah metode paling maju dan paling dapat diandalkan dari sudut pandang tidak adanya komplikasi pasca operasi.

Dalam kasus krioterapi selektif, prosedur dilakukan langsung di klinik dan tidak menyediakan jenis persiapan oleh pasien.

Beberapa menit sudah cukup untuk memungkinkan pembuangan wasir dengan bantuan anoscope dan tanpa konsekuensi yang sangat menyakitkan bagi mereka yang menjalani operasi.

Demikian beberapa informasi yang bisa sehatdanbahagia.com rangkum tentang gejala wasir, penyebab wasir dan cara menyembuhkan wasir. Jika anda mengalaminya dalam jangka waktu yang lama, alangkah lebih baik anda langsung berkonsultasi kepada dokter di klinik atau Rumah Sakit.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here